TIPS MELATIH DAN MENJAGA KEBUGARAN TUBUH ANAK SAAT BERPUASA SEJAK USIA DINI

Kewajiban untuk semua umat muslim yang sudah baligh disebut dengan puasa. Keluarga harus berperan penting untuk mengajarkan puasa pada anak-anaknya sejak usia dini, mulai dari puasa setengah hari atau bahkan sampai dengan satu hari. Ini dilakukan oleh para orang tua semata-mata agar anaknya terbiasa menjalankan puasa di bulan suci ramadhan.

Sementara itu, banyak orang tua yang masih khawatir untuk mengajarkan puasa pada anaknya sejak usia dini karena dapat berpengaruh pada kesehatannya. Apakah puasa dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan si kecil?

Hal yang harus diperhatikan saat mengajarkan anak berpuasa yaitu asupan gizi. Sebagai orang tua, kita harus memastikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya terpenuhi. Oleh karena itu, jika ingin mengajarkan pada anak berpuasa sejak usia dini pastikan dilakukan secara bertahap. Selain ketentuan usia anak yang diperbolehkan untuk berpuasa, adapula cara untuk melatih anak berpuasa sejak usia dini diantaranya yaitu:

  1. Memberi contoh

Saat menjalankan ibadah puasa, pasti anak bertanya apa itu puasa? Sebaiknya dimulai dengan memberikan contoh. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran, sehingga anak ingin mencobanya secara sendiri. INGAT!!! Diusia yang masih muda, anak bisa dengan mudah meniru perilaku seseorang disekitarnya.

  1. Puasa dari makanan tertentu

Jika anak sudah biasa makan makanan tertentu atau makanan kesukaannya, mintalah anak untuk menghindari makanan tersebut saat berpuasa. Mengajarkan hal ini ketika anak puasa juga dapat membantu menghilangkan kebiasaan buruk pola konsumsi anak. Selain itu, juga dapat membantu anak lebih menghargai makanan.

  1. Tidak memaksa

Perlu diingat oleh orang tua bahwa buah hati bunda masih dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan banyak nutrisi. Sebaiknya, mulailah mengajarkan anak puasa secar perlahan. Mulai dari puasa beberapa jam dalam satu hari kemudian tingkatkan kembali jika anak sudah berhasil melewatinya.

WhatsApp Image 2020-03-25 at 18.12.20

  1. Memberi penghargaan

Penghargaan ini dapat untuk menambah semangat anak untuk ikut menjalankan ibadah puasa selanjutnya. Penghargaan tidak harus dngan hadiah, melainkan bisa juga memberikan pujian dan mengatakan bahwa ia adalah anak yang hebat. Dengan begitu, ia akan merasa senang dan makin semangat untuk berpuasa.

SEPERTI APAKAH PUASA YANG AMAN UNTUK ANAK ?

Anak yang kekurangan gizi akan berpengaruh terhhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Supaya, tidak mempengaruhi pertumbuhan dan  perkembangan anak saat ikut berpuasa, alangkah baiknya sebagai orang tua harus memberikan perhatian ekstra pada anak. Agar kebutuhan gizi pada anak terpenuhi, hal-hal berikut yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari konsumsi makanan manis saat sahur
  2. Pilih makanan yang mengandung karbohidat kompleks dan protein
  3. Cukupi kebutuhan cairan
  4. Hindari makanan berminyak
  5. Hindari minuman berkafein.

Yang perlu diingat oleh semua orang tua, supaya kebugaran anak tetap terjaga saat sedang berpuasa yaitu asupan gizi yang diberikan. Berikut tips asupan gizi supaya kebugaran tubuh tetap terjaga staminanya :

  1. Saat sahur, pilihlah makanan yang kaya kan serat, seperti buah dan sayur-sayuran
  2. Biasakan anak minum air putih, untuk mencukupi kebutuhan mineral sesuai dengan usianya
  3. Saat sahur, usahakan anak makan tidak berlebihan agar ia tidak kembung dan terlalu kenyang
  4. Hindari makanan pedas dan minman bersoda sebab bisa menaikkan kadar asam lmbung dan menyebabkan sakit maag
  5. Saat berbuka puasa, awali dengan makanan manis dengan porsi yang pas supaya proses berkurangnya glukosa sat puasa bisa terpenuhi.

Perlu diingat kembali untuk para orang tua, melatih puasa pada anak sejak usia dini sangatlah penting karena puasa merupakan salah satu kewajiban bagi setiap orang muslim.

Serta yang sangat penting lagi bagi orang tua harus mencukupi kebutuhan gizi anak saat berpuasa, karena anak usia dini membutuhkan asupan gizi yang tercupi untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Maka dari itu kita harus mengetahui cara mengenalkan puasa pada anak sejak usia dini serta mencukupi kebutuhan gizi anak pada saat puasa, supaya tubuh anak tetap bugar dan sehat.

 

SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT UNTUK PARA BUNDA……

 

Comments are closed.