TIPS & TRIK MEMBERIKAN KEGIATAN ASIK DIMASA PANDEMI

Tahukah Ayah dan Bunda, Bertemu hanya melalui layar zoom meeting, google meet, whatsapp atau platform digital lainnya menyebabkan anak kurang merasakan keterlibatan guru dalam proses KBM yang di jalani. Oleh karena itu, ada beberapa tips and trik yang dapat membantu Ayah dan Bunda untuk mendampingi si kecil belajar dan bermain di rumah selama pandemi

Cara kreatif yang seperti apa yang perlu kita lakukan? Berikut penjelasannya:

1. Ayah dan Bunda Harus mengenali karakter si kecil

Dengan memahami gaya belajar spesifik dari si kecil, akan memudahkan kita untuk mendukung mereka menerima dan menangkap pelajaran. Apalagi di masa virtual schooling, di mana orangtua menjadi pendamping dan jembatan antara guru dan anak selama masa pembelajaran. Ayah dan bunda harus mngetahui apakah si kecil merupakan tipe auditori, visual atau kinestetik. Agar materi pembelajaran yang diberikan oleh guru lebih efektif ketika di lakukan di rumah bersama ayah dan bunda.

Apabila anak merupakan tipe auditori, kegiatan yang dapat di lakukan yaitu seperti storitelling atau cerita,  apabila anak memilki tipe visual  kegiatan yang dapat di lakukan yaitu melalui gambar-gambar yang menarik  sedangkan anak tipe kinestetik Ayah dan bunda  bisa memberikan kegiatan  yang melibatkan koordinasi mata dan tangan agar anak dapat aktif dan tetap berkonsentrasi dengan baik seperti menggunting, menempel, dan membuat kreatifitas lainnya.

2.Memberikan Permainan di Sela Tugas Sekolah

gbr: liveworksheets.com

Pada saat si kecil jenuh dan tidak fokus untuk belajar secara online bersama guru, peran ayah dan bunda lah yang di butuhkan oleh si kecil. Lakukan kegiatan menarik, agar si kecil tidak merasa jenuh dan bosan kegiatan seperti apakah itu ?
– Bernyanyi Bersama,
– Membuat makanan kesukaan si kecil,
– Permainan bermain peran ( Role Play ),
– Tebak kata, dll

3.Sadari hal yang dapat merusak konsentrasi si kecil

gbr:freepik.com

Gadget menjadi salah satu gangguan terbesar dalam proses belajar anak. Sebagai contoh, orangtua dapat memberikan waktu sekitar 1-2 jam dalam sehari bagi anak . kurangi penggunaan gadget untuk bermain game atau menonton. Jauhkan gadget dari jangkauan anak, terutama ketika sudah waktunya ia belajar. Namun Selama pandemi ini anak-anak di haruskan mengikuti pembelajaran secara online dan harus menggunakan gadget.

Oleh karena itu Perlunya pendampingan Ayah dan Bunda selama pembelajaran berlangsung agar anak fokus pada pembelajaranya saja. Dengan pendampingan orangtua juga, dapat membantu si kecil mencari solusi jika ia menghadapi persoalan saat proses belajar berlangsung dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri si kecil .

4.Lakukan komunikasi antara guru dan orangtua

gbr:fumira.jp

Selama belajar di rumah, Orangtua  berperan besar memantau kegiatan belajar anak. Nah, jika Ayah dan Bunda rutin menjalin komunikasi dengan guru, hal ini dapat membantu Ayah dan bunda mengetahui bagaimana gaya belajar anak setiap harinya jika di sekolah, sehingga bisa menerapkannya ketika anak belajar di rumah.

Menjaga komunikasi dengan guru pun bisa bermanfaat untuk mencari solusi ketika anak menghadapi kendala dalam proses belajar. Biasanya guru lebih tahu cara mengatasi masalah belajar anak, karena ia yang hampir setiap hari mengajarkan anak secara langsung di sekolah.

Nah Ayah dan Bunda itulah beberapa tips dan trik memberikan kegiatan asik di masa pandemi bersama si kecil  di rumah.

 

Comments are closed.